Assalamualaikum wr.wb.
pengujian Network
#Pendahuluan.
Di training cisco hari ke 9 ini, yaitu membahas chapter yang ke 9, atau yang terakhir.
Dan yang di bahas di chapter ke 9 ini adalah pengujian dan penyelesaian masalah network.
-Pengertian.
Cisco Systems adalah Perusahaan Multi-Nasional yang bergerak dibidang ComputerNetworking
dengan memproduksi alat-alat jaringan dengan standar International. Cisco Systems didirikan pada
tahun 1984 oleh Len Bosack dan Sandy Lerner (pasangan Suami-Istri). “Cisco” diambil dari nama suatu
daerah tempat dimana Cisco Systems didirikan, yaitu di San Francisco, California, Amerika Serikat.
Sampai dengan akhir tahun 2008 perusahaan Cisco mempunyai66.000 pegawai dengan omzet
perusahaan mencapai US$39 Milyar. Saat ini Cisco Systems dipimpin oleh seorang CEO yang bernama
John Chambers. Cisco Systems terus mengembangkan product-product jaringan (Computer
Networking). Product Cisco sendiri diakuioleh dunia industri International sebagai product jaringan
yang berkualitas.
-Maksud dan Tujuan.
Memahami, dan mengerti tentang pengujian, dan permasalahan di network.
-Pembahasan.
Di Chapter yang terakhir ini itu membahas tentang:
-Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?
Menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan ketika konfigurasi yang baru tidak bekerja seperti seperti yang diduga.
-Mengatasi Masalah Jaringan
Mengatasi masalah jaringan dengan utiliti jaringan yang umum.
-Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum
Mengatasi sebuah masalah koneksi jaringan.
-Bekerja dengan ‘Customer Support’
Menjelaskan bagaimana bekerja dengan ‘customer support.
Nah di pembahasan pertama itu menerangkan tentang apa sih yang harus di lakukan sa'at perangkat kita tidak mau bekerja???
Salah satu cara yang harus di lakukan adalah Touble shooting, Troubleshooting adalah Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
dan pendekatan shooting bisa melalui cara top-down, divide-and conquer, bottom-up, dan pendekatan yang biasanya di praktekkan itu Trial and Error, dan substitution.
>Top down yaitu mengidentifikasi, atau mencari sumber masalah dari atas ke bawah(Aplication, Transport, Network, data link, lalu ke physical).
>Divide-and conquer yaitu troubleshoting yang di lakukan dengan cara langsung mencari masalahnya di Network(ping, tracert).
>Bottom down yaitu mengidentifikasi masalah dari bawah ke atas(Physical, Datalink, Network, Transport, dan Aplication).
>Trial and Error itu mengidentifikasi masalah dengan menemukan solusi masalah sengan mencoba berbagai kemungkinan, sampai menemukan solusinya.
>Substitution itu mengidentifikasi masalah secara bertahap dari awal sampai akhir, dan di list.
-Kemudian di step yang berikutnya yaitu mengatasi masalah.
Salah satu mendeteksi masalah itu bisa menggunakan panca indra(penglihatan, penciuman, peraba'an). dan untuk mengatasi masalah itu dengan cara utility(ipconfig, ipconfig all, dan ip config/relase and ipconfig/renew, dan untuk menguji konektivitas jaringan kita bisa menggunakan (ping/Tracert). dan untuk tracert itu menguji konektivitas jaringan melalui jalur HOP.
- Dan di step yang berikutnya yaitu mengidentifikasi masalah dan memperbaiki masalah.
Dan untuk memperbaiki masalah konektivitas kita bisa mengidentifikasi dengan cara yang biasa di lakukan itu adalah divide and conquer(ping dari wireless ke gateway), atau Bottom up dengan cara mengidentifikasi masalah dari bawah(memerikasi LED indikator hardware nya).
Bisa juga masalah terjadi di pengkabelan, dan untuk mengatasinya kita bisa melakukan cara:
-Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
-Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
-Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
-Pastikan port yang benar sedang digunakan.
-Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Dan di step yang terakhir itu Bekerja dengan customizer support.
Biasanya kita bisa mendapatkan bantuan dari vendor atau ISP.
Dan bisa juga kita menyelesaikan Masalahnya:
>Dengan meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
>Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan.
Di Chapter yang terakhir ini itu membahas tentang:
-Apa yang perlu dilakukan saat perangkatnya tidak bekerja?
Menjelaskan tahapan-tahapan yang perlu dilakukan ketika konfigurasi yang baru tidak bekerja seperti seperti yang diduga.
-Mengatasi Masalah Jaringan
Mengatasi masalah jaringan dengan utiliti jaringan yang umum.
-Mengidentifikasi dan Memperbaiki Masalah yang Umum
Mengatasi sebuah masalah koneksi jaringan.
-Bekerja dengan ‘Customer Support’
Menjelaskan bagaimana bekerja dengan ‘customer support.
Nah di pembahasan pertama itu menerangkan tentang apa sih yang harus di lakukan sa'at perangkat kita tidak mau bekerja???
Salah satu cara yang harus di lakukan adalah Touble shooting, Troubleshooting adalah Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
dan pendekatan shooting bisa melalui cara top-down, divide-and conquer, bottom-up, dan pendekatan yang biasanya di praktekkan itu Trial and Error, dan substitution.
>Top down yaitu mengidentifikasi, atau mencari sumber masalah dari atas ke bawah(Aplication, Transport, Network, data link, lalu ke physical).
>Divide-and conquer yaitu troubleshoting yang di lakukan dengan cara langsung mencari masalahnya di Network(ping, tracert).
>Bottom down yaitu mengidentifikasi masalah dari bawah ke atas(Physical, Datalink, Network, Transport, dan Aplication).
>Trial and Error itu mengidentifikasi masalah dengan menemukan solusi masalah sengan mencoba berbagai kemungkinan, sampai menemukan solusinya.
>Substitution itu mengidentifikasi masalah secara bertahap dari awal sampai akhir, dan di list.
-Kemudian di step yang berikutnya yaitu mengatasi masalah.
Salah satu mendeteksi masalah itu bisa menggunakan panca indra(penglihatan, penciuman, peraba'an). dan untuk mengatasi masalah itu dengan cara utility(ipconfig, ipconfig all, dan ip config/relase and ipconfig/renew, dan untuk menguji konektivitas jaringan kita bisa menggunakan (ping/Tracert). dan untuk tracert itu menguji konektivitas jaringan melalui jalur HOP.
- Dan di step yang berikutnya yaitu mengidentifikasi masalah dan memperbaiki masalah.
Dan untuk memperbaiki masalah konektivitas kita bisa mengidentifikasi dengan cara yang biasa di lakukan itu adalah divide and conquer(ping dari wireless ke gateway), atau Bottom up dengan cara mengidentifikasi masalah dari bawah(memerikasi LED indikator hardware nya).
Bisa juga masalah terjadi di pengkabelan, dan untuk mengatasinya kita bisa melakukan cara:
-Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
-Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B.
-Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
-Pastikan port yang benar sedang digunakan.
-Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Dan di step yang terakhir itu Bekerja dengan customizer support.
Biasanya kita bisa mendapatkan bantuan dari vendor atau ISP.
Dan bisa juga kita menyelesaikan Masalahnya:
>Dengan meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
>Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan.
-Kesimpulan.
Dengan mengetahui dan
#Referensi.
https://drive.google.com/drive/folders/1B0c9HQylCI61_XuwJcaUTqSlBzH-tI1U
Sekian Blog saya kali ini, bila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon ma'af...
Sekian Blog saya kali ini, bila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon ma'af...
Comments
Post a Comment