Skip to main content

Perbeda'an Hotspot dan Wifi.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Perbeda'an Hotspot dan Wifi.
#Pendahuluan.
     Haii semua, di blog saya kali ini saya akan menjelasakan tentang perbedaan hostpot dan wifi pada jaringan. Memang Hostpot dan WiFi itu hampir sama, tetapi ada perbedaanya mari kita simak.
#Pengertian.
      Pengertian Hotspot, adalah lokasi fisik dimana orang dapat mendapatkan akses Internet, biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel WLAN menggunakan router yang terhubung ke penyedia layanan internet ISP.
      Pengertian Wi-Fi, yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, adalah teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan untuk Local Area Network. Laptop hari ini, smartphone, tablet, kamera dan bahkan televisi terdiri dari modul Wifi yang membuatnya menjadi teknologi yang banyak digunakan untuk jaringan rumah.
#Latar Belakang.
     Dijaringan hostpot atau wifi ini tidak menggunakan kabel alias nirkabel karena hostpot ini menggunakan mode wireless yang sudah dibuat oleh perusahaan untuk mempermudah dalam koneksi di jaringan. Layanan seperti ini akan mudah ditemui di berbagai tempat-tempat umum seperti kampus, hotel, rumah makan, bandara dan lain-lain. Dengan menggunakan layanan WiFi, kita dengan mudah bisa terkoneksi ke Internet tanpa perlu dibebani kerepotan dengan menyambungkan kabel ke suatu alat yang disebut switch/hub.
# Maksud dan Tujuan.
      Wifi adalah teknologi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat pada LAN. Ini adalah teknologi komunikasi nirkabel di mana media yang digunakan adalah gelombang frekuensi radio. Sebuah hotspot menggunakan teknologi Wifi untuk menyediakan internet ke perangkat nirkabel. Jadi hotspot adalah tempat yang menyediakan internet ke perangkat nirkabel dengan menggunakan Wifi sebagai daerah jaringan teknologi lokal.
#Penjelasan.
    Apa perbedaan antara Wifi dan Hotspot? Wifi adalah teknologi komunikasi nirkabel yang digunakan untuk Local Area Network. Sedangkan Sebuah hotspot adalah tempat yang menyediakan internet ke perangkat nirkabel menggunakan Wifi. Sebuah hotspot itu dibuat menggunakan perangkat yang dikenal sebagai jalur akses atau access point. Jalur akses terhubung ke router yang bertindak sebagai gateway ke internet. Wifi digunakan antara access point dan perangkat nirkabel untuk interkoneksi. Wifi menggunakan gelombang elektromagnetik radio di bawah pita frekuensi 2.4GHz untuk melakukan komunikasi. Sebuah hotspot dibuat dengan menggunakan Wifi namun tidak sebaliknya. Tanpa Wifi, tidak akan ada hotspot. Hotspot adalah tempat yang menyediakan akses internet untuk perangkat nirkabel. Teknologi Wifi, di sisi lain, melibatkan protokol, spesifikasi, hardware dan driver.
Jenis Jenis Hostpot :
1. Free Hotspot Ini merupakan jenis hotspot dapat mengakses jaringan internet secara bebas. Hostpot biasanya banyak ditemui di warung kopi cafe maupun sekolah karena agar hostpot itu bisa digunakan secara Free Hostpot.
2. Hotspot Berbayar Untuk menggunakan Hotspot Berbayar, Anda harus membayar sewa hotspot langsung ke pemilik gedung, biasanya di ruangan hotel, restoran, atau kedai kopi dan maupun di Telkom Wifi.ID
3. Hostpot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot jenis ini sudah bekerja sama dengan operator WiFi di Indonesia sehingga untuk orang-orang yang mobile, layanan ini sangat bermanfaat dan menguntungkan. Namun demikian, jika kalian memang ingin Spesifikasi Wi-Fi Spesifikasi Kecepatan Frekuensi :
802.11b : 11 Mb/s ~2.4 GHz
 802.11a : 54 Mb/s ~5 GHz
 a 802.11g : 54 Mb/s ~2.4 GHz b, g
 802.11n : 100 Mb/s ~2.4 GHz b, g, n
Keamanan Jaringan
-WiFI Open (berisiko): Artinya jaringan Wi-Fi Anda tidak menerapkan mode pengaman apapun. Dalam hal keamanan, tentu opsi ini sangat berisiko.
-WEP 64 (berisiko): Adalah protokol WEP standar yang rentan dan sebaiknya Anda tidak menggunakannya.
-WEP 128 (berisiko): Ini adalah WEP, tetapi dengan pola enkripsi yang lebih rumit dibandingkan WEP 64. Namun, tetap dianggap rentan sehingga jangan Anda gunakan jika masih tersedia opsi lain.
-WPA-PSK (TKIP): Jenis ini menggunakan versi asli dari protokol WPA dan dinyatakan kurang aman.
-WPA-PSK (AES): Jenis ini menggunakan protokol asli WPA, tapi dengan mengganti enkripsi TKIP dengan enkripsi AES yang lebih modern. Untuk sementara jenis ini dianggap cukup aman.
-WPA2-PSK (TKIP): Jenis ini menggunakan standar WPA2 modern dengan enkripsi TKIP yang lebih tua. Jenis ini belum tentu aman dan biasanya hanya tersedia di perangkatperangkat yang lebih tua yang belum mendukung WPA2-PSK (AES).
-WPA2-PSK (AES): Ini adalah pilihan yang paling aman untuk saat ini. Menggunakan standar enkripsi WPA2 terbaru dan juga protokol enkripsi AES terbaru. Jika tersedia, Anda sebaiknya memilih opsi ini. Pada beberapa perangkat, mungkin Anda hanya akan melihat opsi “WPA” atau “WPA2-PSK” tanpa ada embel-embel “TKIP” atau “AES”.
-WPAWPA2-PSK (TKIP/AES): Beberapa perangkat menawarkan atau bahkan merekomendasikan pengombinasian dari beberapa jenis enkripsi. Opsi ini memungkinan penggunaan dari WPA, WPA2 dengan TKIP dan AES.
 Kesimpulan
Hotspot adalah sebuah Lokasi Fisik dimana seseorang (dengan perangkat elektronik) dapat mendapatkan akses Internet. Sedangkan Wi-Fi adalah sebuah Teknologi Jaringan Wireless yang biasanya digunakan oleh hotspot untuk menghubungkan perangkat elektronik ke internet.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh topologi di sekolahan

                            Contoh membuat Topologi                                jaringan di sekolahan. #Pendahuluan. Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang membuat susunan denah topologi di sekolahan. -pengertian.    Membuat susunan jaringan topologi sekolah merupakan rancangan awal dalam sebuah Topologi jaringan di mana dari keberhasilan sebuah susunan topologi adalah 70% nya dari membuat susunan topologi, dan 30% nya itu prakteknya. -latar belakang.    Mencoba membuat sebuah jaringan topologi di sekolahan. -maksud dan tujuan.    Dengan membuat sebuah topologi jaringan sekolah, kit a bisa melatih sedikit kreativitas kita untuk membuat bagaimana topologi yang ada di sekolahan itu bisa di buat. -hasil yang di harapkan. Ingin bisa berkreativitas dalam membuat topologi jaringan. #Hasil yang di dapatkan.    Sedikit faham tentang membuat susunan topologi, dan ingin mencoba nya kembali. #Kesimpulan.      Dengan ada nya rancangan awal jaringan topol

mengenal mikrotik dan fungsi menu menu yang ada di mikrotik

   #Pendahuluan.   Di blog saya ini saya akan membahas tentang sub menu" yang ada di mikrotik, memahami, dan coba mempraktekkannya. #Pengertian. Berikut menu – menu yang ada di WinBox Interfaces : Menu interface merupakan gerbang trafik keluar atau masuk ke mikrotik. Secara default mikrotik hanya mengenali interface yang secar fisik memang ada. Kita dapat merubah nama interface tersebut dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengindetifikasi fungsi. Bridge : Menu Bridge merupakan menu untuk menghubungkan dua segmen network terpisah bersama-sama dalam suatu protokol sendiri PPP : PPP (Point to Point Protocol), merupakan paket yang memuat protokol PPP. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial             dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet(PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial Switch: Menu Switch ini merupakan penghubung beberapa alat untuk

Konfigurasi hotspot mikrotik rb750 dan Access point

Assalamualaikum wr.wb. Konfigurasi mikrotik rb750 dengan access point. #Pendahuluan.     Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang konfigurasi mikrotik rb750, dan Acces point TL-WR740N -pengertian.     Hotspot System digunakan untuk memberikan layanan akses jaringan (Internet/Intranet) di Public Area dengan media kabel maupun wireless. -latar belakang.     Hotspot merupakan sumber jaringan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari, mungkin dengan saya menshare turotial membuat hotspot mungkin orang-orang di sekitar kita juga bisa mempraktekkannya juga. -maksud dan tujuan.   Dengan mengkonfigurasi mikrotik rb750 dan Access point, kita bisa membuat sebuah hotspot jaringan yang biasa kita temui di sekolah, kampus, kantor, dan masih banyak lagi. -hasil yang di harapkan.   Bisa mengkonfigurasi mikrotik yang lain, dan mengatur chanel nya agar tidak sering terjadi tabrakan wireless. #Alat dan bahan. -Laptop. -Mikrotik rb750. -Access point TL-WR740N. -Sumber j