Skip to main content

Mengenal perangkat hardware jaringan komputer


Assalamualaikum wr.wb.

~Pendahuluan.
   Di blog saya kali ini, saya akan mencoba sharing sedikit tentang apa yang saya ketahui tentang jenis-jenis perangkat keras jaringan komputer.
~Pengertian.
   Jenis-jenis perangkat jaringan komputer:

1. Server.
      Komputer server adalah sebuah pc yang dapat melayani client-client di dalam sebuah topologi jaringan.
2. MODEM
  Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier ) dansiap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
   Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat
komunikasi dua arah.
3. HUB
   Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasi pada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring menerjemahkansesuatu, hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel. 
4. NIC (Network Interface Card) / LAN Card
NIC (network interface card) adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Sebagian besar NIC dirancang untuk jaringan, protokol, dan media tertentu. NIC biasa disebut dengan LAN card (Local Area NetworkCard).
LAN Card yang secara umum dipakai, berbasis teknologi Ethernet.







5. Lan Tester.
      Lan Tester ini biasanya di gunakan untuk mengecek, apakah sebuah susunan kabel jaringan dapat saling terkoneksi atau tidak.
6. Tang Criping
      Tang Criping adalah salah satu perangkat keras jaringan yang berfungsi untu mengupas, memotong, mengcriping sebuah susunan kabel jaringan agar dapat di gunakan untuk membuat kabel jaringan.
7. Router/Mikrotik.
      Router/Mikrotik adalah sebuah perangkat hardware yang berfungsi untuk mengatur sebuah jaringan, dan membagi jaringan ke client-client, atau sebagai penghubung antara server ke client.
8. Acces Point
      Acces Point adalah perangkat keras jaringa yang fungsi nya sebagai penerima jaringan dan memancarkan jaringan agar Client-Client/User dapat terhubung ke jaringan menggunakan sinyal wireless.
9. Lan Card/Ethernet Card.
      Lan Card adalah sebuah komponen jaringan yang bentuknya seperti MotherBoard tapi Lan Card ini biasa di pasang di pc agar pc tersebut bisa di gunakan untuk membuat port jaringan.
10. Konektor Rj45.
        Konektor Rj45 ini adalah bagian penting dalam membuat susunan topologi, karena tanpa port Rj45 ini kabel UTP tidak akan bisa di gunakan untuk menghubungkan pc satu dengan pc yang lain.
11. Kabel UTP.
        Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan, yang fungsinya sebagai penghubung antara pc satu dengan pc yang lain agar bisa saling terkoneksi.
12. Komputer Client.
Komputer Client adalah seperangkat komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.
~Latar Belakang.
   Fungsi dari perangkat keras jaringan komputer adalah:
-Agar bisa membuat sebuah susunan jaringan.
-Dapat menerima sebuah jaringan agar bisa di gunakan oleh User-User.
-Tanpa sebuah jaringan komputer, jaringan komputer tidak akan bisa terbentuk.
~Maksud dan tujuan.
   ingin  mempraktekkan langsung cara membuat sebuah susunan jaringan komputer.
~Alat dan Bahan.
 -Laptop
-Internet
~Waktu.
 30 Menit.
~Kesimpulan.
      Dengan menggunakan perangkat hardware komputer kita bisa melakukan sebuah praktek tentang membuat susunan jaringan, membuat hotspot, menyambungkan pc satu dg pc yang lain, sharing data, dan masih banyak lagi
~Referensi.
https://id.wikipedia.org
Ebook Dasar-dasar jaringan komputer revisi 2012 BLC TELKOM KLATEN.
Sekian blog dari saya, bila ada kekurangan nya saya mohon ma'af....

Comments

Popular posts from this blog

Contoh topologi di sekolahan

                            Contoh membuat Topologi                                jaringan di sekolahan. #Pendahuluan. Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang membuat susunan denah topologi di sekolahan. -pengertian.    Membuat susunan jaringan topologi sekolah merupakan rancangan awal dalam sebuah Topologi jaringan di mana dari keberhasilan sebuah susunan topologi adalah 70% nya dari membuat susunan topologi, dan 30% nya itu prakteknya. -latar belakang.    Mencoba membuat sebuah jaringan topologi di sekolahan. -maksud dan tujuan.    Dengan membuat sebuah topologi jaringan sekolah, kit a bisa melatih sedikit kreativitas kita untuk membuat bagaimana topologi yang ada di sekolahan itu bisa di buat. -hasil yang di harapkan. Ingin bisa berkreativitas dalam membuat topologi jaringan. #Hasil yang di dapatkan.    Sedikit faham tentang membuat susunan topologi, dan ingin mencoba nya kembali. #Kesimpulan.      Dengan ada nya rancangan awal jaringan topol

mengenal mikrotik dan fungsi menu menu yang ada di mikrotik

   #Pendahuluan.   Di blog saya ini saya akan membahas tentang sub menu" yang ada di mikrotik, memahami, dan coba mempraktekkannya. #Pengertian. Berikut menu – menu yang ada di WinBox Interfaces : Menu interface merupakan gerbang trafik keluar atau masuk ke mikrotik. Secara default mikrotik hanya mengenali interface yang secar fisik memang ada. Kita dapat merubah nama interface tersebut dengan tujuan untuk memudahkan dalam mengindetifikasi fungsi. Bridge : Menu Bridge merupakan menu untuk menghubungkan dua segmen network terpisah bersama-sama dalam suatu protokol sendiri PPP : PPP (Point to Point Protocol), merupakan paket yang memuat protokol PPP. Paket ini diperlukan untuk fitur komunikasi serial             dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP, dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet(PPPoE). Paket PPP digunakan untuk komunikasi Wide Area Network dengan menggunakan komunikasi serial Switch: Menu Switch ini merupakan penghubung beberapa alat untuk

Konfigurasi hotspot mikrotik rb750 dan Access point

Assalamualaikum wr.wb. Konfigurasi mikrotik rb750 dengan access point. #Pendahuluan.     Di blog saya kali ini saya akan memposting tentang konfigurasi mikrotik rb750, dan Acces point TL-WR740N -pengertian.     Hotspot System digunakan untuk memberikan layanan akses jaringan (Internet/Intranet) di Public Area dengan media kabel maupun wireless. -latar belakang.     Hotspot merupakan sumber jaringan yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari, mungkin dengan saya menshare turotial membuat hotspot mungkin orang-orang di sekitar kita juga bisa mempraktekkannya juga. -maksud dan tujuan.   Dengan mengkonfigurasi mikrotik rb750 dan Access point, kita bisa membuat sebuah hotspot jaringan yang biasa kita temui di sekolah, kampus, kantor, dan masih banyak lagi. -hasil yang di harapkan.   Bisa mengkonfigurasi mikrotik yang lain, dan mengatur chanel nya agar tidak sering terjadi tabrakan wireless. #Alat dan bahan. -Laptop. -Mikrotik rb750. -Access point TL-WR740N. -Sumber j